Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Selamat datang Home Ware di Website Kami!

Home Ware – Pemakai lensa kontak harus berhati-hati. Ada alasan melepas alat bantu penglihatan ini sebelum mandi, salah satunya adalah untuk menghindari infeksi. Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Ada kejadian mengerikan yang melibatkan seorang wanita Inggris yang kehilangan mata kirinya setelah memakai lensa kontak saat berenang dan tertular keratitis Acanthamoeba, parasit dari air keran. Penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Tembus 192 Kasus, Apakah IDAI Sudah Temukan Penyebabnya?

Keratitis Acanthamoeba merupakan infeksi langka, namun memiliki konsekuensi serius karena sulit diobati. Hal ini disebabkan oleh mikroorganisme yang menutupi kornea, bagian luar mata. Contoh lensa lunak (Envato)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, atau CDC, infeksi langka ini paling umum terjadi pada pemakai lensa kontak, namun siapa pun masih bisa tertular.

Maria Mason, seorang wanita berusia 54 tahun dari Inggris, memakai lensa kontaknya selama 30 hari tanpa melepasnya, dan dia yakin mikroorganisme masuk ke matanya ketika dia mandi tanpa melepasnya.

“Mikroorganisme hidup di lensa kontak saya, sehingga mata saya terisi olehnya,” kata Mason, seperti dikutip Insider, Sabtu (15/10/2022).

Menurut CDC, mandi sambil memakai lensa kontak atau membersihkan lensa kontak menggunakan air keran dapat meningkatkan risiko keratitis acanthamoeba. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan sakit mata bahkan kebutaan.

Menurut John Dart, profesor kehormatan di UCL Institute of Ophthalmology di Inggris, antara 150 dan 200 orang di Inggris terinfeksi mikroorganisme ini setiap tahunnya. Namun sangat sedikit orang yang kehilangan penglihatannya, namun pada sebagian besar kasus, penglihatan normalnya hilang.

Mason awalnya mengeluh pada tahun 2015 karena menyadari ada yang tidak beres dengan matanya, dia merasa ada sesuatu yang asing di matanya, seperti pasir.

“Saya mulai merasa ada sesuatu yang asing di mata saya, seperti pasir atau pasir, yang biasanya akan hilang jika Anda menggosoknya, namun ternyata tidak,” kata Mason. Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Gejala keratitis Acanthamoeba antara lain nyeri mata, penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya, dan sensasi aneh pada mata. CDC merekomendasikan untuk menemui dokter mata ketika Anda mengalami gejala-gejala ini.